LESSON PLAN
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
IDENTITY/
Identitas mapel
Teacher : ....
Subject :
....
Class/Semeste : ....
Date :
.... ( tgl pembuatan LP )
SYLLABUS
Title : ....( judul materi sesuai SK/ KD )
Standard Competence/Standar Kompetensi
Diambil dari Standar Isi sesuai jenjang kelas, semester, dan
mata pelajaran
Basic Competence/Kompetensi Dasar
Diambil dari Standar Isi sesuai jenjang kelas, semester,
dan mata pelajaran
Contoh :
Kemampuan mengenal makna
angka
Learning Result Indicator / Indikator pencapaian kompetensi
v Indikator kompetensi adalah
perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian
kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
v Indikator pencapaian
kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata
kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan,
sikap, dan keterampilan.
Kata Kerja Operasional
Analisa Bloom
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Penilaian
Kompetensi
|
C.1
|
Mengetahui
|
¡ Menunjuk
¡ Menyebutkan
¡
Menjawab pertanyaan
pengetahuan
|
C.2
|
Memahami
|
–
Mendefinisikan/menjelaskan
–
Menjawab pertanyaan
–
Menghitung
–
Mencocokkan
–
Menemukan/mencari/discover
–
Mendengarkan
–
Menentukan
ciri-ciri/identifikasi
–
Meneliti/menyelidiki/riset
–
Menentukan
letak/denah/bagian
–
Mengamati/observasi
–
Menceritakan kembali
–
Memberi contoh Membandingkan/membedakan
|
C.3
|
Mempraktekan
|
–
Membuat daftar/list
–
Menyusun/membuat/construct
–
Mengajarkan/presentasi/teach
–
Menggambar/paint
–
Membuat bagan/sketch
–
Memainkan/memerankan/manipulate
–
Menginterview
–
Melakukan
percobaan/experiment
–
Melakukan
arsip/merekam/record
–
Melaporkan/report
–
Menciptakan ide
baru/stimulate
–
Mendemonstrasikan
|
C.4
|
Menganalisa
|
–
Membuat kategori
–
Melakukan klasifikasi
–
Memisahkan sesuatu dari
sesuatu/separasi
–
Menemukan perbedaan
mencolok/contrast
–
Membandingkan/compare
–
Melakukan
pembedahan/dissect
–
Menyatakan pendapat
Melakukan pe nelitian/survey
|
C.5
|
Membuat/ Menciptakan
|
–
- Membuat karya cipta baru/invent
–
- Menggabungkan dua hal menjadi sebuah karya baru/combine
–
Menyusun atau
menstrukturisasi beberapa hal menjadi karya baru/compose
–
Membuat pernyataan awal
tentang solusi dari sesuatu masalah atau kondisi/hypothesize
–
Membuat ramalan/perkiraan
tentang akibat dari sesuatu kondisi yang terjadi/predict
–
Melakuan penaksiran yang
berkaitan dengan anggaran, langkah-langkah menciptaan sebuah aktivitas atau
karya/estimate.
–
Membuat produk yang
mempunyai nilai guna dan nilai jual/produce.
–
Mengkhayal dan
membayangkan hal-hal yang baru/imagine
–
Membuat karya tulis, baik
formal maupun non formal/write
|
C.6
|
Mengevaluasi/ Menilai
|
–
Menilai/mengevaluasi
sesuatu/evaluate
–
Mempertimbangkan,
mengkritik, mengadili/judge
–
Melakukan perdebatan
dalam membahas sesuatu/debate.
–
Melakukan pembicaraan,
perundingan menyelesaikan masalah/discuss.
–
Membuat evaluasi dengan
proses pengeditan terhadap sesuatu/editorialize
–
Memutuskan solusi, aturan
dan sistem/decide.
–
Menganjurkan atau
merekomendasikan sesuatu/recommend
–
\\Memilih dari beberapa pilihan/choose
|
Contoh :
·
Siswa mampu menunjukan jumlah benda sesuai dengan angka yang disebutkan
·
Siswa mampu menyebutkan angkasesuai dengan jumlah yang disebutkan
Learning Result/ Hasil Belajar ( Tujuan pembelajaran )
Tujuan
pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai
oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
Catatan : Dikembangkan oleh guru dengan mencermati KD dan Indikator
(lebih spesifik)
Contoh
:
Siswa
mampu memahami angka 1 - 10 (kuantitas )
Material / Materi ajar
Materi ajar: membuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan,
dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian
kompetensi.
Time : Jumlah
pertemuan/ Alokasi waktu
Contoh
Time : 4x
pertemuan / ( 8 x 35 menit)
ACTIVITY / Kegiatan Pembelajaran
Pertemuanpertama
:Hari, tgl - bulan - tahun (2 x 35 menit)
Indicator:
Siswa
dapat :
Character
building :
Catatan : Minimal mengambil 2 karakter sebagai bahan penilaian
disetiap pertemuan
Aqidah bersih
Ibadah benar
Akhlak mulia
Mandiri
Cerdas berwawasan
Sehat dan kuat
Bersungguh-sungguh dan disiplin
Tertib dan cermat
Efisien
Bermanfaat
|
Religius,
Nasionalisme
Jujur, lapang dada, kerjasama, ikhlas, empati, menghargai prestasi,
berbagi
Berani, pantang menyerah, percaya diri, komitmen, kepemimpinan
Realistis, kmunikatif, estetika, analitis santun, kritis,logis, cinta
ilmu, Cerdas berwawasan
Humoris, peduli kesehatan
Disiplin, Aqidah Bersih ,
komitmen pada tugas
Teliti,
runut, berorientasi pada tindakan, cermat, rapi
Mandiri,
tepat waktu
Demokratis,
peduli lingkungan
|
Strategy/ Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai
kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.pemilihan
metodw pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta
karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada
setiap mata pelajaran.
Catatan: Dalam satu kali pertemuan KBM dapat dipakai beberapa Strategi
pembelajaran.
Contoh macam- macam bentuk strategi
v
Linguistik ( wawancara, menulis informasi,presentasi,
diskusi dsb )
v
Logis Matematik ( grafik, pengukuran, tebak angka ,
analogi, dsb )
v
Musik ( konser, musik alam, lagu, dsb )
v
Spasial visual ( imajinasi, desain, pemakaian
warna, dsb )
v
Kinestatis ( menari, Pantomim ,teater kelas , dsb )
v
Intrapersonal ( motivasi diri, refleksi
kegunaan,pengalaman pribadi, dsb )
v
Naturalis ( wisata alam, ekostudi, klasifikasi ,
dsb )
v
Eksistensial ( melihat ketidakadilan, mengapa ada,
muhasabah, dsb )
Contoh penerapan strategi:
Strategi
Aktivitas:
1.Observasi dan
pendataan
2.Membangun
/menyusun
3.Ulangan Harian
4.Kliping Palestina
Prosedur Aktivitas
1.Siswa dibagi kelompok
2.Tiap kelompok diinstruksikan untuk menyelamatkan anggota tubuh anak-anak
palestina
3.Siswa mendata dengan menuliskan bagian-bagian tubuh yang telah
ditemukan
4.Siswa menyusun anggota tubuh yang berceceran menjadi manusia utuh.
5.Ulangan harian
6.Proyek kliping
Palestina
Procedure Activity
1. Opening (10 Menit)/ Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu
pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
Alpha Zona :
Fun
Story - Musik - Ice Breaking - Brain gym
Scene setting :
Berkaitan
dengan aktivitas
·
Pemberian pengalaman belajar sebelum masuk ke materi inti.
•Membangun konsep pembelajaran yang akan diberikan.
•Berfungsi sebagai pereduksi instruksi
•Berfungsi
sebagai pembangkit minat siswa dan penasaran
Contoh
penerapan scene setting ;
1.Guru masuk kelas
memutarkan film cuplikan tragedi Palestina.
2.Guru menceritakan kejadian
palestina secara singkat
3.Guru mengajak siswa untuk menjadi tim penyelamat korban palestina
Catatan : Pada pertemuan berikutnya ( kedua, ketiga, dst ) Scane
Setting diganti dengan Warmer yaitu
berkaitan dengan pengulangan materi sebelumnya atau Pre Teach Berkaitan
dengan informasi pendahuluan
2. Main Activity (50 Menit)/ Inti
Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk
mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. Kegiatan inidilakukan secara sistematis dan sistematik
melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi
Eksplorasi
:
Kegiatan yang dilakukan untuk
memperoleh sesuatu yang yang dianggap sebagai bahan yang bermanfaat bagi
kehidupan, penyelidikan, penjelajahan untuk mendapatkan pengetahuan dan
pengalaman baru.
alternatifnya dapat berupa :
§ Membaca
tentang
§ Mendengar
tentang
§ Berdiskusi
tentang
§ Mengamati
model (teks/karya)
§ Mengamati
demonstrasi
§ Mengamati
simulasi kasus
§ Mengamati
2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
§ Mencoba
melakukan
§ Membaca
kasus (bedah kasus)
§ Talk
show
§ Berwawancara dengan lingkungan (menggali informasi)
§ Observasi
terhadap lingkungan
§ Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
§ Mencoba
bereksperimen
§ Bernyanyi (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
§ Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
Elaborasi :
Penggarapan
secara tekun dan cermat
alternatifnya dapat berupa :
§ Secara
diskusi/mandiri
§ Mengidentifikasi
ciri
§ Menemukan
konsep
§ Melakukan
generalisasi
§ Mencari
bagian-bagian
§ Mendeskripsikan
persamaan dan perbedaan
§ Memasukkan
dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
§ Membandingkan
dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan
persamaannya)
§ Menganalisis mengapa terjadi begini/begitu dari hasil
eksperimen/demonstrasi
§ Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
§ Mengidentifikasi mana yang beda/sama dengan model
bandingan/kriteria dan mana yang lebih baik
§ Mengidentifikasi
apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
§ Mengurutkan
§ Mengelompokkan
§ Mengkombinasikan
§ Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
§ Menghubung-hubungkan (mencari model hubungan)
§ Memasangkan
contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
Konfirmasi:
Kesesuaian
sikap dan prilaku dengan nilai - nilai atau kaidah yang berlaku.
alternatifnya
dapat berupa :
§ Penyimpulan
§ Memberikan balikan apa yang dikerjakan siswa
§ Penjelasan
mengapa salah
§ Meluruskan
yang salah
§ Menegaskan
yang benar
§ Melanjutkan/menambahkan
yang kurang
§ Mengangkat kasus yang salah dan yang benar
§ Menjelaskan
mengapa salah/benar
§ Menyimpulkan
konsep, kriteria, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
§ Memperluas
contoh yang benar dan yang salah
§ Menjelaskan
bagaimana seharusnya
§ Menciptakan
rubrik
3. Clossing (10
Menit)/ Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman
atau kesimpulan, penilaian, dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut
Pertemuan keempat : Formatif I/hari, tgl.bln. thn ( 2x 35 menit )
Kompetensi Dasar : ....
Teaching
Aids / Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar
didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
Catatan : Penggunaan alat, bahan, dan
sumber belajar disesuaikan dengan tujuan pencapaian KD
ISLAMIC VALUE/ Nilai Islami
Muatan Islami yang ingin ditekankan pada SK / KD
yang sedang diajarkan, diambil dari AlQur’an dan Al Hadist atau dari kata
mutiara islami.
ASSESSMENT / Penilaian Hasil Belajar
Penentuan penilaian hasil belajar didasarkan pada standar
kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
v Indikator kompetensi adalah
perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan
ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata
pelajaran.
v Indikator pencapaian
kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat
diamatai dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
|
Tulis
Praktek
Diskusi
|
Isian
PG
Essay
|
Terlampir
|
Penilaian Karakter :
No
|
Nama Siswa
|
Aqidah bersih
|
Ibadah benar
|
Akhlak Mulia
|
Mandiri
|
Cerdas dan Berwawasan
|
Sehat dan Kuat
|
Bersungguh-sungguh dan
Disiplin
|
Tertib dan cermat
|
Efisien
|
Bermanfaat
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Sudah Muncul
|
A
|
Kadang-kadang
|
B
|
Belum Muncul
|
C
|
Lembar
observasi bentuk skala penilaian (rating
scale) kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
No
|
Nama siswa |
Hal yang dinilai
|
Jumlah skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan hal yang dinilai:
1. Ketertiban
kelompok
2. Kekokampakan
kelompok
3. Hasil diskusi
kelompok
Rubrik Penilaian Diskusi
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
1
|
Kelengkapan
isi laporan
|
Menulis
laporan secara lengkap
|
5
|
Mencantumkan
laporan sebagian besar (75%) lengkap
|
4
|
||
Mencantumkan
laporan agak lengkap, separuh atau lebih (50% - 70%)
|
3
|
||
Mencantumkan
sedikit informasi, kurang dari separuh
|
2
|
||
Tidak
mencantumkan hal penting dalam laporan (yang seharusnya di laporkan )
|
1
|
||
Tidak
membuat laporan
|
0
|
||
2
|
Keruntutan
laporan
|
Di
tulis urut dan mudah di pahami
|
3
|
Agak
urut namun masih ada beberapa yang sulit di pahami
|
2
|
||
Belum
urut dan sulit di pahami
|
1
|
||
Tidak membuat laporan
|
0
|
||
3
|
Penampilan
|
Rapi
dan Bersih
|
2
|
Kurang
rapi / kurang bersih
|
1
|
||
Tidak
rapi dan kotor
|
0
|
||
Skor
maksimal
|
10
|
Penilaian
soal formatif I ( contoh )
Nomor
|
Bentuk
soal
|
skor
|
1 s/d 15
|
Pilihan ganda
|
15
|
16 s/d 20
|
Isian
|
10
|
21 s/d 25
|
Essay
|
15
|
Total
skor
|
40
|
LEMBAR ASSESSMENT
No
|
Nama
Siswa
|
Unjuk
Kerja (Performance)
|
Penugasan
(Project)
|
Hasil
Kerja (Product)
|
Tertulis
(Paper & Pencil)
|
Lisan
( Verbal )
|
Portofolio
(Portfolio)
|
Assessment
antarteman ( Peer )
|
Sikap (Affectif)
|
Observasi
( Observation )
|
Diri
(Self Assesstment)
|
Jurnal
( Journal )
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk
peserta didik yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN
dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN
TEACHER COMMENT/ Komentar Guru
1. Problem :
( kendala yang dihadapai saat
pelaksanaan pembelajaran, sesuai tgl pelaksanaan berlangsung, ditulis tangan )
2. New Ideas : ( Ide
baru yang muncul saat pelaksanaan pembelajaran, sesuai tgl pelaksanaan
berlangsung, ditulis tangan )
3. Special Moment : ( Kejadian
unik yang luar biasa yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran, sesuai tgl
pelaksanaan berlangsung, ditulis tangan
)
Cibitung, Tgl
- Bulan - Tahun
Mengetahui,
Guru Bidang
studi
Kepala SDIT Fitrah Hanniah
( Nia Karnia, S. Pd ) (................................
)
06. 72. 05 NIP
....
Posting Komentar