Lesson Plan FH



LESSON PLAN
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

IDENTITY/ Identitas mapel
           
Teacher                     :  ....
Subject              :  ....                        
Class/Semeste    :  ....
Date                  :  .... ( tgl pembuatan LP )   
SYLLABUS
 

Title : ....( judul materi sesuai SK/ KD )

Standard Competence/Standar Kompetensi
Diambil dari Standar Isi sesuai jenjang kelas, semester, dan mata pelajaran
                                                   
Basic Competence/Kompetensi Dasar
Diambil dari Standar Isi sesuai jenjang kelas, semester, dan mata pelajaran
Contoh :
 Kemampuan mengenal makna angka
Learning Result Indicator / Indikator pencapaian kompetensi
v  Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
v  Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kata Kerja Operasional
Analisa Bloom
Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian Kompetensi
C.1
Mengetahui
¡   Menunjuk
¡   Menyebutkan
¡   Menjawab pertanyaan pengetahuan
C.2
Memahami
     Mendefinisikan/menjelaskan
           Menjawab pertanyaan
           Menghitung
           Mencocokkan
           Menemukan/mencari/discover
           Mendengarkan
           Menentukan ciri-ciri/identifikasi
           Meneliti/menyelidiki/riset
           Menentukan letak/denah/bagian
           Mengamati/observasi
           Menceritakan kembali
           Memberi contoh Membandingkan/membedakan
C.3
Mempraktekan
                                                       Membuat daftar/list
                                                       Menyusun/membuat/construct
                                                       Mengajarkan/presentasi/teach
                                                       Menggambar/paint
                                                       Membuat bagan/sketch
                                                       Memainkan/memerankan/manipulate
                                                       Menginterview
                                                       Melakukan percobaan/experiment
                                                       Melakukan arsip/merekam/record
                                                       Melaporkan/report
                                                       Menciptakan ide baru/stimulate
                                                       Mendemonstrasikan

C.4
Menganalisa
                                                      Membuat kategori
                                                      Melakukan klasifikasi
                                                      Memisahkan sesuatu dari sesuatu/separasi
                                                      Menemukan perbedaan mencolok/contrast
                                                      Membandingkan/compare
                                                      Melakukan pembedahan/dissect
                                                      Menyatakan pendapat
Melakukan pe        nelitian/survey
C.5
Membuat/ Menciptakan
                                                      - Membuat karya cipta baru/invent
                                                      - Menggabungkan dua hal menjadi sebuah karya baru/combine
                                                      Menyusun atau menstrukturisasi beberapa hal menjadi karya baru/compose
                                                      Membuat pernyataan awal tentang solusi dari sesuatu masalah atau kondisi/hypothesize
                                                      Membuat ramalan/perkiraan tentang akibat dari sesuatu kondisi yang terjadi/predict
                                                      Melakuan penaksiran yang berkaitan dengan anggaran, langkah-langkah menciptaan sebuah aktivitas atau karya/estimate.
                                                      Membuat produk yang mempunyai nilai guna dan nilai jual/produce.
                                                      Mengkhayal dan membayangkan hal-hal yang baru/imagine
                                                      Membuat karya tulis, baik formal maupun non formal/write

C.6
Mengevaluasi/ Menilai
     Menilai/mengevaluasi sesuatu/evaluate
     Mempertimbangkan, mengkritik, mengadili/judge
     Melakukan perdebatan dalam membahas sesuatu/debate.
     Melakukan pembicaraan, perundingan menyelesaikan masalah/discuss.
     Membuat evaluasi dengan proses pengeditan terhadap sesuatu/editorialize
     Memutuskan solusi, aturan dan sistem/decide.
     Menganjurkan atau merekomendasikan sesuatu/recommend
     \\Memilih dari beberapa pilihan/choose

Contoh :
·         Siswa mampu menunjukan jumlah benda sesuai dengan angka yang disebutkan
·         Siswa mampu menyebutkan angkasesuai dengan jumlah yang disebutkan
           
Learning Result/ Hasil Belajar ( Tujuan pembelajaran )
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
Catatan : Dikembangkan oleh guru dengan mencermati KD dan Indikator
(lebih spesifik)

Contoh :
Siswa mampu memahami angka 1 - 10 (kuantitas )
Material / Materi ajar
Materi ajar: membuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

Time :   Jumlah pertemuan/ Alokasi waktu
Contoh
Time : 4x pertemuan / ( 8 x 35 menit)


 


ACTIVITY / Kegiatan Pembelajaran
Pertemuanpertama :Hari, tgl - bulan - tahun                 (2 x 35 menit)
Indicator: 
Siswa dapat :
                                            
Character building :
Catatan : Minimal mengambil 2 karakter sebagai bahan penilaian disetiap pertemuan

Aqidah bersih

Ibadah benar

Akhlak mulia


Mandiri


Cerdas berwawasan


Sehat dan kuat

Bersungguh-sungguh dan disiplin

Tertib dan cermat

Efisien

Bermanfaat
Religius,

Nasionalisme

Jujur, lapang dada, kerjasama, ikhlas, empati, menghargai prestasi, berbagi

Berani, pantang menyerah, percaya diri, komitmen, kepemimpinan

Realistis, kmunikatif, estetika, analitis santun, kritis,logis, cinta ilmu, Cerdas berwawasan

Humoris, peduli kesehatan

Disiplin, Aqidah Bersih  , komitmen pada tugas

Teliti, runut, berorientasi pada tindakan, cermat, rapi

Mandiri, tepat waktu

Demokratis, peduli lingkungan


Strategy/ Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.pemilihan metodw pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
Catatan: Dalam satu kali pertemuan KBM dapat dipakai beberapa Strategi pembelajaran.

Contoh macam- macam bentuk strategi
v  Linguistik ( wawancara, menulis informasi,presentasi, diskusi dsb )
v  Logis Matematik ( grafik, pengukuran, tebak angka , analogi, dsb )
v  Musik ( konser, musik alam, lagu, dsb )
v  Spasial visual ( imajinasi, desain, pemakaian warna, dsb )
v  Kinestatis ( menari, Pantomim ,teater kelas , dsb )
v  Intrapersonal ( motivasi diri, refleksi kegunaan,pengalaman pribadi, dsb )
v  Naturalis ( wisata alam, ekostudi, klasifikasi , dsb )
v  Eksistensial ( melihat ketidakadilan, mengapa ada, muhasabah, dsb )
Contoh penerapan strategi:
Strategi Aktivitas:
1.Observasi dan pendataan
2.Membangun /menyusun
3.Ulangan Harian
4.Kliping Palestina

Prosedur Aktivitas
1.Siswa dibagi kelompok
2.Tiap kelompok diinstruksikan untuk menyelamatkan anggota tubuh anak-anak palestina
3.Siswa mendata dengan menuliskan bagian-bagian tubuh yang telah ditemukan
4.Siswa menyusun anggota tubuh yang berceceran menjadi manusia utuh.
5.Ulangan harian
6.Proyek kliping Palestina

Procedure Activity
1. Opening (10 Menit)/ Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Alpha Zona                  :
Fun Story - Musik - Ice Breaking - Brain gym
              
Scene setting    : Berkaitan dengan aktivitas
·   Pemberian pengalaman belajar sebelum masuk ke materi inti.
Membangun konsep pembelajaran yang akan diberikan.
Berfungsi sebagai pereduksi instruksi
Berfungsi sebagai pembangkit minat siswa dan penasaran

Contoh penerapan scene setting ;

1.Guru masuk kelas memutarkan film cuplikan tragedi Palestina.
2.Guru menceritakan kejadian palestina secara singkat
3.Guru mengajak siswa untuk menjadi tim penyelamat korban palestina
                                                   

Catatan : Pada pertemuan berikutnya ( kedua, ketiga, dst ) Scane Setting diganti dengan Warmer yaitu berkaitan dengan pengulangan materi sebelumnya atau Pre Teach Berkaitan dengan informasi pendahuluan
   
2. Main Activity (50 Menit)/ Inti
Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inidilakukan secara sistematis dan sistematik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi

Eksplorasi :
Kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh sesuatu yang yang dianggap sebagai bahan yang bermanfaat bagi kehidupan, penyelidikan, penjelajahan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.

alternatifnya dapat berupa :
§  Membaca tentang
§  Mendengar tentang
§  Berdiskusi tentang
§  Mengamati model (teks/karya)
§  Mengamati demonstrasi
§  Mengamati simulasi kasus
§  Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
§  Mencoba melakukan
§  Membaca kasus (bedah kasus)
§  Talk show
§  Berwawancara dengan lingkungan (menggali informasi)
§  Observasi terhadap lingkungan
§  Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
§  Mencoba bereksperimen
§  Bernyanyi (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
§  Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)

Elaborasi :
Penggarapan secara tekun dan cermat

 alternatifnya dapat berupa :
§  Secara diskusi/mandiri
§  Mengidentifikasi ciri
§  Menemukan konsep
§  Melakukan generalisasi
§  Mencari bagian-bagian
§  Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
§  Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
§  Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
§  Menganalisis mengapa terjadi begini/begitu dari hasil eksperimen/demonstrasi
§  Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
§  Mengidentifikasi mana yang beda/sama dengan model bandingan/kriteria dan mana yang lebih baik
§  Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
§  Mengurutkan
§  Mengelompokkan
§  Mengkombinasikan
§  Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
§  Menghubung-hubungkan (mencari model hubungan)
§  Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)

Konfirmasi:
Kesesuaian sikap dan prilaku dengan nilai - nilai atau kaidah yang berlaku.

alternatifnya dapat berupa :
§  Penyimpulan
§  Memberikan balikan apa yang dikerjakan siswa
§  Penjelasan mengapa salah
§  Meluruskan yang salah
§  Menegaskan yang benar
§  Melanjutkan/menambahkan yang kurang
§  Mengangkat kasus yang salah dan yang benar
§  Menjelaskan mengapa salah/benar
§  Menyimpulkan konsep, kriteria, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
§  Memperluas contoh yang benar dan yang salah
§  Menjelaskan bagaimana seharusnya
§  Menciptakan rubrik

3.  Clossing (10 Menit)/ Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian, dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut
                                      
Pertemuan keempat   : Formatif I/hari, tgl.bln. thn       ( 2x 35 menit )  
Kompetensi Dasar     : ....

Teaching Aids / Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
Catatan : Penggunaan alat, bahan, dan sumber belajar disesuaikan dengan tujuan pencapaian KD

ISLAMIC VALUE/ Nilai Islami
 

Muatan Islami yang ingin ditekankan pada SK / KD yang sedang diajarkan, diambil dari AlQur’an dan Al Hadist atau dari kata mutiara islami.

ASSESSMENT / Penilaian Hasil Belajar
Penentuan penilaian hasil belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

 

Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen/ Soal
v  Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
v  Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamatai dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Tulis
Praktek
Diskusi
Isian
PG
Essay
Terlampir

Penilaian Karakter :
No
Nama Siswa
Aqidah bersih
Ibadah benar
Akhlak Mulia
Mandiri
Cerdas dan Berwawasan
Sehat dan Kuat
Bersungguh-sungguh dan Disiplin
Tertib dan cermat
Efisien
Bermanfaat
Skor



























Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Sudah Muncul
A
Kadang-kadang
B
Belum Muncul
C

Lembar observasi bentuk skala penilaian (rating scale) kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok

No
Nama siswa
Hal yang dinilai
Jumlah skor
1
2
3

1.





2.





dst





Keterangan hal yang dinilai:
1.   Ketertiban kelompok
2.   Kekokampakan kelompok
3.   Hasil diskusi kelompok
Rubrik Penilaian Diskusi
NO
ASPEK
INDIKATOR
SKOR
1
Kelengkapan isi laporan
Menulis laporan  secara lengkap
5
Mencantumkan laporan sebagian besar (75%) lengkap
4
Mencantumkan laporan agak lengkap, separuh atau lebih (50% - 70%)
3
Mencantumkan sedikit informasi, kurang dari separuh
2
Tidak mencantumkan hal penting dalam laporan (yang seharusnya di laporkan )
1
Tidak membuat laporan
0
2
Keruntutan laporan
Di tulis urut dan mudah di pahami
3
Agak urut namun masih ada beberapa yang sulit di pahami
2
Belum urut dan sulit di pahami
1
Tidak  membuat laporan
0

3

Penampilan
Rapi dan Bersih
2
Kurang rapi / kurang bersih
1
Tidak rapi dan kotor
0
Skor maksimal
10

Penilaian soal formatif I ( contoh )
Nomor

Bentuk soal
skor
1 s/d 15
Pilihan ganda
15
16 s/d 20
Isian
10
21 s/d 25
Essay
15
Total skor
40

LEMBAR ASSESSMENT
No
Nama Siswa
Unjuk Kerja (Performance)
Penugasan (Project)
Hasil Kerja (Product)
Tertulis (Paper & Pencil)
Lisan ( Verbal )
Portofolio (Portfolio)
Assessment antarteman ( Peer )
Sikap  (Affectif)
Observasi ( Observation )
Diri (Self Assesstment)
Jurnal ( Journal )
Jumlah Skor
Nilai































Untuk peserta didik yang nilainya masih di bawah nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan yang telah melampaui nilai KKM diberi PENGAYAAN

TEACHER COMMENT/ Komentar Guru
 

1.  Problem                : ( kendala yang dihadapai saat pelaksanaan pembelajaran, sesuai tgl pelaksanaan berlangsung, ditulis tangan )

2.  New Ideas             : ( Ide baru yang muncul saat pelaksanaan pembelajaran, sesuai tgl pelaksanaan berlangsung, ditulis tangan )

3.  Special Moment :  ( Kejadian unik yang luar biasa yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran, sesuai tgl pelaksanaan berlangsung, ditulis tangan )



                                                                            Cibitung, Tgl - Bulan - Tahun
       Mengetahui,                                                               Guru Bidang studi
   Kepala SDIT Fitrah Hanniah



    ( Nia Karnia, S. Pd                                                         )                                             (................................ )
          06. 72. 05                                                                  NIP ....




Posting Komentar

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates